Database Quran Indonesia Untuk Pengembangan Aplikasi

Ridha Ramadhanysah
2 min readAug 1, 2021

--

Kali ini saya mau berbagi database Al-Quran Indonesia yang mana sangat bermanfaat bagi rekan para developer aplikasi yang akan membuat aplikasi Al Quran Indonesia. Database ini masih berupa SQL script (.sql) yang didalamnya hanya melakukan proses create table dan insert saja.

Sedikit membagi pengalaman saya dalam membuat aplikasi Zikir dan Quran, saat awal pengembangan aplikasi saya mengambil data Quran dari http://www.qurandatabase.org/. Akan tetapi masih ada beberapa kekurangan dimana ada harkat yang di baca panjang tapi tidak tertulis panjang, sepertinya layaknya Al-Quran cetakan Indonesia.

Dengan format masih dalam .sql script saya harap masih dapat dikembangka dari sisi struktur tabel sesuai kebutuhan developer.

Refrensi database Al-Quran ini adalah litequran.net yang mana tertulis di site tersebut mengambil dari varsi Kemenang (“02.07.2018 sesuai versi Kemenag”). Karena di litequran.net tidak tersedia informasi pengembangnya, bagi yang kenal developer site tersebut mohon sapaikan izin saya untuk mengambil refrensi Al-Quran dan membagikannya ke rekan-rekan. Semoga Allah memberikan pahala jariah bagi pengembang litequran.net.

Link download : quran-indonesia.sql

Oh iya karena rujukan awalnya adalah Al-Quran Kemenag, untuk font nya akan lebih cocok mengunakan font Al-Quran milik Kementrian Agama. Hal ini memungkinkan kesalahan Khat / tulisan, yang dapat menyebabkan kesalahan baca dan pengartian karena font yang tidak sesuai. Font nya bisa ambil langsung dari website resmi (https://quran.kemenag.go.id).

Tapi akhir-akhir ini saya menerima feedback bahwa font dari web Kemenag tidak dapat di download. Jika issue tersebut masih terjadi font bisa download disini.

Untuk memastikan implementasi source dan font sudah sesuai dapat mencocokan ke aplikasi yang saya buat, Zikir Indonesia

--

--

Ridha Ramadhanysah

👨‍💻 Software Engineer, 🤲 Muslim, 👨‍👦‍👦Dad